4 Cara Membangun Keterampilan Sosial Emosional Anak TK

Sumber : https://www.pexels.com/photo/little-girls-and-boys-having-fun-playing-with-colorful-balls-8613146/

Pendidikan anak usia dini, khususnya di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), tidak hanya berkutat pada aspek kognitif semata. Pasalnya, pentingnya pengembangan aspek sosial emosional anak TK juga menjadi fokus utama bagi banyak lembaga pendidikan, tak terkecuali Highscope Best International Elementary School.

Highscope mengajarkan kurikulum berbasis pencapaian tujuan jangka panjang, melalui metode STEAM, multiage, dan MAGIC. Artinya, selain fokus pada akademis, kami juga menekankan pada keterampilan interpersonal dan empati anak. Jadi, anak Anda dapat membangun kemampuan sosial emosional dengan seimbang.

Apa Itu Keterampilan Sosial Emosional pada Anak?

Mengutip dari laman Pathways.org, keterampilan sosial emosional anak TK merujuk pada kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi mereka sendiri, berinteraksi secara positif dengan orang lain, serta beradaptasi dalam berbagai situasi sosial. Beberapa contohnya adalah:

  • Mengenali emosi seseorang dan menunjukkan empati;
  • Mampu mengekspresikan diri di depan orang lain; serta
  • Memahami pikiran dan perasaan orang lain, kemudian merasa terhubung dengannya.

4 Cara Membangun Keterampilan Sosial Emosional Anak TK

Bagi Anda yang ingin menumbuhkan keterampilan sosial emosional pada anak sejak dini, ikuti cara-caranya berikut!

1. Biarkan Anak Mengekspresikan Perasaannya

Pastikan anak Anda merasa bahwa perasaan mereka adalah valid, baik saat merasa sedih, kecewa, hingga frustrasi. Dorong mereka untuk mengekspresikan perasaan dengan kata-kata, gambar, atau cerita. Upaya ini membantu anak untuk memahami dan mengelola emosi mereka.

2. Berikan Contoh Secara Langsung

Anak-anak cenderung belajar melalui contoh, sehingga perilaku positif dari orang dewasa dapat menjadi teladan bagi perkembangan sosial emosional anak TK. Jadi, tunjukkan kepada mereka bagaimana menyelesaikan konflik secara positif, bagaimana berkomunikasi dengan baik, dan bagaimana menunjukkan empati.

3. Jalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang efektif adalah kunci untuk mengembangkan keterampilan sosial emosional. Maka dari itu, selalu dengarkan anak dengan penuh perhatian dan berikan respon yang positif. Melalui komunikasi yang baik, anak akan merasa lebih nyaman untuk berbagi perasaan.

4. Ajarkan Empati dan Berinteraksi dengan Orang Lain

Melibatkan anak dalam kegiatan yang mengajarkan empati, dapat membantu mengasah keterampilan sosial emosional. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyekolahkan mereka di lembaga pendidikan, seperti Highscope Best International Elementary School.

Di sekolah, anak dapat bermain dengan teman dari berbagai usia, melalui kelas multiage. Kelas multiage akan membantu mereka membangun keterampilan komunikasi, bekerja sama, dan memahami dinamika sosial, yang mengharuskan mereka berinteraksi dengan berbagai rentang usia.

Selain itu, melalui kelas MAGIC (Making Good Choices) dan pengembangan STEAM, anak-anak dibimbing untuk menggabungkan pemikiran logis dengan empati, guna menyelesaikan masalah sehari-hari.

Caranya adalah dengan mengajarkan anak mengeksplorasi masalah di sekitar mereka, kemudian berupaya untuk menemukan solusi inovatif menggunakan keterampilan sosial emosionalnya.

Sudah Tahu Cara Membangun Keterampilan Sosial Emosional Anak TK?

Menumbuhkan keterampilan sosial emosional merupakan investasi penting untuk membangun pribadi yang seimbang. Langkah seperti memberikan contoh langsung, hingga mengajarkan empati dan berinteraksi dengan orang lain melalui lembaga pendidikan, dapat merangsang pengembangan sosial emosional yang lebih baik.

HighScope Best International Elementary School adalah lembaga pendidikan yang memberikan kontribusi positif dalam upaya ini. Pasalnya, melalui program multiage, STEAM, hingga MAGIC, anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki keterampilan sosial emosional dan memberikan dampak positif pada lingkungan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *