Apakah Anjing Dapat Melihat Hantu? Tergantung Pada Pemilik, Berikut Penjelasannya

Anjing dikenal sebagai hewan yang setia, lembut, dan serba bisa. Terkadang, anjing memperlihatkan perlakuan seperti melolong ke bulan, menatap ke ruang kosong, bersuara tanpa alasan yang jelas atau berlari keluar ruangan seolah mengejar musuh yang tak terlihat. Hal hal seperti itu membuat pemilik berasumsi bahwa anjing miliknya melihat hantu.

Lantas, apakah benar anjing dapat melihat hantu? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu pahami apa saja yang sebenarnya bisa dirasakan anjing yang tidak bisa manusia rasakan. Dikutip dari laman , bisa tidaknya anjing melihat hantu bergantung pada pemiliknya.

Jika pemilik yakin akan hal mistis, maka anjing miliknya kemungkinan bisa melihat hantu. Terapis trauma dan ahli spiritual, Audrey Hope melihat anjingnya berperilaku seolah olah dia melihat hantu. Hope percaya bahwa anjing miliknya bisa melihat hantu.

Itu terjadi karena Hope percaya akan hal hal yang berhubungan dengan hantu. Dokter hewan senior, Jesus Aramendi DVM menunjukkan hal senada. "Ada banyak dokumentasi yang dapat mendukung anggapan bahwa anjing dapat merasakan aktivitas paranormal," ungkapnya.

Aramendi mengatakan, anjing mampu melihat hantu apabila pemiliknya merasakan hal yang sama. Meski demikian, Aramendi mengungkapkan bahwa tidak ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan jika anjing dapat melihat hantu. Lebih lanjut, Aramendi mengatakan, secara alami, anjing dilengkapi dengan indera penciuman terbaik.

Menurutnya, penciuman anjing bisa 10.000 hingga 100.000 kali lebih sensitif dibanding indera penciuman manusia. Maka kemungkinan besar, anjing dapat melihat mereka melalui aroma. Di lain sisi, para ilmuwan telah menyelidiki bagaimana anjing merasakan dunia di sekitar melalui kulit.

Anjing juga dapat mendeteksi pergerakan serta perubahan suhu dengan cara yang tidak dapat dilakukan manusia. Tidak hanya itu, anjing dapat mendengar frekuensi dua kali lebih banyak daripada manusia. Anjing mampu menangkap suara yang jaraknya empat kali lebih jauh daripada yang dapat dideteksi manusia.

Jika hantu memang ada, anjing bisa saja memiliki indera pendengaran yang kuat sehingga mereka bisa mengenalinya dari suara. Menurut dokter hewan Matthew McCarthy, selama ribuan tahun, anjing tidak hanya menjadi peniru perilaku manusia yang cerdik, tetapi juga impresionis yang terampil. Ketika Anda percaya pada hantu dan merasakan kehadirannya, anjing milik Anda mungkin merasakan energi yang sama.

Jika reaksi Anda ketakutan, anjing Anda mungkin akan menyelipkan ekornya di antara kaki belakangnya atau menggeram. Ahli perilaku hewan dari Open Farm, Jill Villarreal, PhD mengatakan, anjing dapat melihat gerakan jauh lebih baik daripada manusia. Termasuk gerakan yang terjadi di tempat dengan cahaya sangat redup.

Jadi, jika pemilik percaya pada hantu dan mulai merasakan hal mistis, anjing mungkin akan merasakan energi yang sama. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.