Cara Agar Tetap Produktif di Masa Kini

tips manajemen waktu
Business photo created by pressfoto – www.freepik.com

Cara agar tetap produktif adalah hal yang sangat penting dilakukan ketika masa pandemi seperti ini. Dengan jumlah kasus COVID-19 yang meroket dan kewajiban isolasi mandiri yang diberlakukan oleh pemerintah di seluruh dunia, banyak perusahaan telah menyesuaikan diri dengan meminta karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Meskipun beberapa orang telah bekerja dari jarak jauh jauh sebelum wabah COVID-19, tidak semua orang tahu cara bekerja secara produktif dari rumah. Meski harus dirumahkan, tetap saja Anda harus tetap produktif. Berikut adalah  tips untuk memulai hidup produktif di masa pandemi.

Cara Agar Tetap Produktif

1. Miliki Rencana Waktu Terstruktur

Sebelum COVID-19 terjadi dan memaksa Anda untuk bekerja dari rumah, Anda mungkin mendapat arahan dari atasan Anda tentang tugas yang harus diselesaikan, sehingga Anda tidak perlu membuat rencana untuk diri sendiri.

Nah, ketika Anda bekerja dari rumah, pastikan Anda memiliki rencana waktu yang terstruktur untuk membantu Anda bekerja dengan tetap produktif. Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membuat rencana supaya produktif bekerja di rumah adalah :

  • Masukkan istirahat sebentar ke dalam rencana agar bisa meregangkan atau melakukan beberapa pekerjaan kecil yang akan membantu otak Anda beristirahat.
  • Pastikan memetakan waktu untuk makan siang Anda
  • Rencanakan bekerja sesuai dengan jadwal kantor

 

2. Jadwalkan Rutinitas Harian

Pastikan Anda memiliki jadwal atau rutinitas dengan melakukan hal-hal yang ditetapkan pada waktu tertentu setiap hari. Tidur pada waktu yang ditentukan, bangun pada waktu yang ditentukan, dan makan atau berolahraga pada waktu yang ditentukan.  Merencanakan rutinitas akan membantu Anda lebih produktif.

3. Buat Rencana yang Ingin Dicapai

Untuk bisa produktif, maka Anda harus tahu tips manajemen waktu. Mulailah dengan membuat daftar hal-hal yang ingin Anda capai dalam minggu-minggu berikutnya dan tempelkan daftar di suatu tempat.

Setelah  Anda memiliki gambaran umum tentang hal-hal yang ingin Anda selesaikan, lakukan semuanya secara spesifik! Kapan Anda akan melakukannya? Apa yang Anda butuhkan? Urutkan tugas Anda dari yang urgent dan buat rencana harian dan mingguan. Pastikan Anda mencheklist to-do yang sudah selesai.

Cara agar tetap produktif lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengisi waktu di EF English Center. Yuk, join kursus bahasa Inggris dengan tutor terbaik di EF English Center untuk isi waktu luang Anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.