Efek Samping Bayi atau Anak-anak Minum Kopi

Menjadi salah satu minuman favorit orang dewasa. Namun, apakah diperbolehkan anak kecil minum kopi? Meskipun sebenarnya tidak ada yang bisa memastikan apakah boleh atau tidak, ternyata efek sampingnya untuk anak-anak cukup berbahaya.

Bolehkan Anak-anak Minum Kopi?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika memang tidak ada kebenaran apakah anak-anak boleh minum kopi atau tidak. Namun, alangkah baiknya jika menghindari memberikan kopi kepada anak-anak karena efek sampingnya cukup serius.

Apalagi kandungan kafein yang terdapat pada kopi bisa diserap oleh tubuh anak-anak dengan cepat. Bahkan, proses penyerapan kafein membutuhkan waktu 65 – 130 jam. Tentunya jauh berbeda dengan orang dewasa yang hanya membutuhkan waktu penyerapan kafein 3-7 jam.

Bahkan, jika anak kecil minum kopi dengan usia dibawah 6 bulan bisa menyebabkan Berbagai gangguan pada kesehatan tubuh. Ini disebabkan karena di usia tersebut hanya ASI yang bisa diberikan kepada bayi.

Efek Samping Anak-anak Minum Kopi

Efek samping yang didapatkan jika anak-anak minum kopi memang cukup serius. Inilah kenapa alangkah lebih baik jika tidak memberikan kopi kepada anak-anak. Sslent berikut beberapa efek sampingnya.

  • Insomnia atau tidak bisa tidur menjadi salah satu efek samping cukup serius jika anak-anak atau bayi minum kopi. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein dalam kopi yang cukup tinggi bisa menghambat kinerja otak untuk tidur. Jika bayi kekurangan tidur, kesehatan tubuhnya akan terganggu.
  • Efek samping lain jika anak-anak minum kopi yaitu denyut jantung akan semakin meningkat. Bahkan, jika terus-menerus diberi kopi bisa menyebabkan gangguan irama jantung. Jika seperti ini anak-anak akan mudah lelah.
  • Anak-anak yang minum kopi juga rentan terkena gangguan penyerapan kalsium. Jika penyerapan Kalsium dapat terganggu, maka tumbuh kembang anak tidak akan maksimal. Apalagi kalsium menjadi salah satu gizi penting untuk anak-anak.

Demikian penjelasan mengenai bolehkah anak kecil minum kopi serta efek sampingnya. Dari efek samping tersebut bisa diambil kesimpulan jika anak kecil mengkonsumsi kopi bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.