Kilang Pertamina Balongan Masih Terbakar, Damkar Pastikan Api Tak Akan Merambat ke Pemukiman Warga

Kobaran api masih terlihat di area kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, pada Senin (29/3/2021) siang. Upaya pemadaman pun terus dilakukan oleh pemadam kebakaran, Dilansir , Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Indramayu, Joni Takarasel mengatakan, sebanyak 12 mobil pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api.

Mobil damkar tersebut berasal dari Dinas Damkar Kabupaten Indramayu, Kota dan Kabupaten Cirebon, dan kota kota tetangga lainnya. Selain itu PT Pertamina RU VI Balongan juga membantu proses pemadaman api secara internal. Meskipun api belum bisa sepenuhnya dipadamkan, Joni meminta warga untuk tidak panik.

Joni pun memastikan jika kebakaran besar yang terjadi di PT Pertamina RU VI Balongan kemungkinan kecil tak akan merambat hingga ke pemukiman warga. Hal tersebut dikarenakan PT Pertamina RU VI Balongan telah menutup seluruh saluran BBM keluar wilayah. Saat ini api masih terisolasi di kompleks Pertamina saja walaupun kondisi api masih berkobar cukup besar.

"Sudah ditutup semua saluran yang berpotensi merambat ke masyarakat," pungkasnya. Diwartakan sebelumnya, kilang minyak PT Pertamina RU VI yang berada di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin dini hari (29/3/2021). Api itu pertama kali muncul sekitar pukul 01.00 WIB.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagian mana milik PT Pertamina RU VI Balongan yang terbakar. Jalan menuju PT Pertamina RU VI Balongan pun ditutup sementara oleh petugas untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Api membumbung tinggi dan menimbulkan kepulan asap tebal.

Langit di Kabupaten Indramayu bahkan menyala terang walau malam hari akibat besarnya api. Salah seorang warga Desa Balongan, Darmanto (42) mengatakan, sebelum muncul api, dirinya mengaku mendengar bunyi ledakan yang nyaring. "Ada ledakan, bareng sama petir, terus gak lama muncul api besar," ujar dia.

Diberitakan , warga merasakan hawa panas dan bau menyengat menyelimuti pemukiman mereka pasca terjadinya kebakaran di kompleks kilang minyak Pertamina RU VI di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). Bau itu timbul akibat meledaknya PT Pertamina RU VI Balongan hingga membuat kebakaran hebat sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Salah satunya di Desa Sukaurip, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Walau radius dari titik kebakaran hingga pemukiman warga sekitar 1 1,5 kilometer, namun bau tersebut tercium sangat menyengat. Petugas saat mengevakuasi warga yang berada di sekitaran PT Pertamina RU VI Balongan, Senin (29/3/2021) dini hari. "Bau sangit kaya gitu, bau gak enak," ujar salah seorang warga, Tarsono (50).

Selain bau, hawa panas pun menyelimuti wilayah setempat, padahal matahari belum terbit. "Panas juga, kerasa banget," ujar dia.