Mengulas Keunggulan Gula Bit Dibandingkan Gula Biasa

Gula bit merupakan pemanis, yang dihasilkan dari tanaman umbi yang mengandung konsentrat tinggi. Gula bit ini termasuk ke dalam kategori gula rendah kalori yang aman bagi kesehatan. Akan tetapi untuk produksi gula bit memang belum sebesar produksi gula tebu. Yang memang sangat dibutuhkan di berbagai daerah. Untuk mengolahnya lebih jauh keunggulan dari gula bit dibandingkan gula biasa. Berikut uraian singkatnya, Antara lain:

1. Rendah kalori

Gula bit memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dari gula biasa. Padahal manisnya memiliki kandungan sukrosa yang sama. Ini dikarenakan sumber sumbernya beda jenis tanaman penghasil sukrosanya.

2. Efisien

Dalam proses produksi gula bit hanya melalui satu tahap proses saja. Berbeda halnya dengan gula putih yang harus melalui dua tahap proses. Untuk menjadi produk yang siap dikonsumsi. dengan jumlah yang sama, untuk produksi baik tebu dan bit hasil yang didapat Justru lebih banyak kandungan gula yang didapat dari bit. Bit menghasilkan sukrosa 18% dibandingkan tebu dengan jumlah yang sama yakni hanya 11%.

3. Kandungan

Baik gula bit maupun gula putih biasa keduanya mengandung sukrosa atau pemanis. Tetapi gula bit tidak mengandung sukrosa. Sedangkan gula putih mengandung fruktosa. Bila pemakaian melebihi batas wajar dapat berakibat pada kesehatan hati.

4. Mudah dibudidayakan

Untuk menghasilkan gula bit cukup dengan membudidayakan tanaman umbinya. Ini dikarenakan tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis. Dimana Indonesia memiliki kondisi tersebut. Negara lain sudah mulai memberdayakan tanaman umbi ini. Sebagai cara untuk memperkecil jumlah impor gula tebu ke negaranya. Sehingga lebih efisien.

5. Bentuk

Dari sisi bentuk atau tekstur memang tidak jauh berbeda, antara gula bit dengan gula putih biasa. Akan tetapi dari sisi kandungan gula manisnya akan lebih terasa. Bila minuman menggunakan gula bit.

Tertarik menggunakan gula bit untuk memenuhi kebutuhan makanan atau minuman manis kamu? Kamu bisa temukan di supermarket terdekat. Atau bisa dengan membudidayakan tanaman bit itu sendiri. Selain itu, jika kamu sangat memperhatikan kesehatan tubuh. Sebaiknya memang mulai menggunakan gula bit dibandingkan gula putih biasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.