Muncul Belasan Kasus Baru, Kota di China Langsung Tes Corona 9 Juta Penduduknya Hanya dalam 5 Hari

Salah satu kota di China, Qingdao melakukan tes Covid 19 untuk seluruh populasinya selama 5 hari. Dikutip dari , Kota Qingdao memiliki 9 juta penduduk. Tes massal dilakukan pasca ditemukan belasan kasus corona.

Kasus tersebut muncul dari orang orang yang datang dari luar negeri dan rumah sakit pusat perawatan corona. Pada Mei silam, China juga menguji seluruh Kota Wuhan. Ibukota Provinsi Hubei, tempat kemunculan virus penyebab Covid 19 ini merupakan rumah bagi 11 juta jiwa.

Wuhan sekaligus menjadi pusat pandemi yang kini sudah menjangkiti seluruh dunia. Namun, Wuhan dan China secara keseluruhan berhasil mengendalikan wabah ini. Berbeda dengan negara lain yang sampai detik ini masih memiliki jumlah kasus yang tinggi.

Bahkan, beberapa diantaranya masih memberlakukan lockdown dengan tingkat yang bervariasi. Dalam sebuah pernyataan yang diunggah media sosial China, Weibo, Komisi Kesehatan Kota Qingdao mengatakan ada enam kasus baru ditemukan. Ditambah ada enam kasus Covid 19 asimptomatik.

Semua kasus infeksi baru ini terkait dengan rumah sakit yang sama, menurut Global Times. Menurut laporan, pemerintah China memiliki strategi pengujian massal untuk menanggulangi pandemi Covid 19. Bahkan, uji massal itu akan dilakukan meskipun klaster baru yang muncul relatif kecil.

Komisi Kesehatan juga mengatakan bahwa program pengujian untuk warga kota sudah diluncurkan. Setidaknya sudah ada lima distrik yang akan dites selama tiga hari. Sedangkan seluruh kota akan selesai dites dalam lima hari.

Sekitar 114.862 orang sudah dites dan hasilnya negatif, menurut keterangan otoritas itu. Ratusan orang itu terdiri dari warga sipil, paramedis, dan pasien yang baru dirawat di rumah sakit kota. Video yang beredar menunjukkan masyarakat mengantri untuk tes Covid 19 pada Minggu (11/10/2020) malam waktu setempat.

Beberapa titik fasilitas tes dibuka dari pukul 07.00 hingga 23.00. Kasus kasus infeksi baru muncul seminggu setelah libur panjang 'Golden Week' di China. Dimana jutaan orang China berbondong bondong ke luar negeri untuk melepas penat.

Sebuah laporan Global Times mengutip Biro Kebudayaan dan Pariwisata Kota Qingdao mengatakan kota itu telah menerima 4,47 juta perjalanan selama periode ini. Kota tetangga Jinan, yang berada satu provinsi dengan Qingdao, menyerukan siapa pun yang telah mengunjungi kota itu sejak 23 September untuk menjalani tes, menurut sebuah laporan The Paper . Awal bulan lalu, Kota Qingdao mengumumkan dua pekerja pelabuhan yang menangani makanan impor terinfeksi Covid 19.

Namun, tidak jelas kronologi pekerja itu bisa terjangkit virus. Infeksi virus korona harian menurun drastis di China, dan sebagian besar wilayah tampaknya telah pulih dari wabah ini. China saat ini memiliki 85.578 kasus dan jumlah kematian mencapai 4.634.

Awal tahun ini, China menyelesaikan program pengujian massal di Wuhan dengan mengatakan 11 juta orang telah diuji dalam 10 hari. Namun, BBC's Reality Check memperkirakan bahwa tidak sampai 11 juta orang yang dites. Meskipun hanya mendekati 9 juta selama 10 hari, tetapi angka ini masih menjadi jumlah yang signifikan.

Ratusan pusat pengujian dibuka, dengan ribuan paramedis dikerahkan.